Dianjurkan Setiap Hari, Ini Cara Komsumsi Vitamin D Yang Benar Menurut Dokter

Vitamin D merupakan vitamin yang dibutuhkan tubuh, Vitamin ini membantu memperkuat gigi dan tulang, sehingga meningkatkan kekebalan, Selain pasien COVID-19, vitamin D3 meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah berbagai penyakit dan membantu proses penyembuhan.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan vitamin D yang aman bagi tubuh?

Selanjutnya Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, Sp.PD-KAI, FINASIM.

“Sangat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan harian Anda yang berkaitan dengan vitamin D. Vitamin D3 mungkin saja dikonsumsi 1000 IU, tetapi Anda perlu tes darah untuk melakukannya dengan benar. Jika benar-benar rendah, hingga 5.000 IU per hari, Apalagi kalau ada penyakit,” kata dia, Jumat (1 Januari 2022).

Vitamin D mengatur sistem kekebalan dan meningkatkan aktivitas sel kekebalan terhadap virus dan bakteri.

Ia mengatakan mengonsumsi 1000 IU vitamin D3 sekali sehari tanpa memeriksakan darah adalah dosis yang aman.

“Vitamin D3 larut dalam lemak dan sebaiknya dikonsumsi pada pagi hari bersama makanan,” kata dokter konsultan alergi imunologi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

Sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan dalam jurnal PLOS ONE menemukan bahwa vitamin D memainkan peran penting dalam mencegah gejala parah pada orang dengan COVID-19.

Studi ini melibatkan 1.176 pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit antara April 2020 dan Februari 2021.

Studi tersebut juga menemukan bahwa tingkat kematian pasien COVID-19 dengan defisiensi vitamin D sekitar 25,6%. Sementara itu, angka kematian pasien COVID-19 dengan kadar vitamin D yang cukup jauh lebih rendah yaitu 2,3%.

Untuk memastikan ketersediaan vitamin D, pemerintah kini memperbarui aturannya melalui Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Sebelumnya, Indonesia hanya dapat memproduksi 400 IU vitamin D, tetapi lebih dari 1000 IU vitamin D dapat diproduksi jika terjadi kekurangan.

Pedoman Manajemen COVID-19 edisi ke-4, yang disusun oleh lima kelompok profesional medis pada Januari 2022, menjelaskan penggunaan vitamin D3 1000 IU hingga 5000 IU untuk mengobati pasien dengan semua tingkat gejala. Vitamin D3 diberikan selama 14 hari.

Baca Juga: 6 Tes Sederhana Untuk Menguji Kesehatan Tubuh Yang Dapat Anda Lakukan Di Rumah

Sebuah perusahaan farmasi Indonesia memastikan ketersediaan dengan memproduksi dan mendistribusikan 1000IU vitamin D3 sesuai dengan peraturan BPOM. Salah satu perusahaan farmasi yang memproduksi 1000 IU vitamin D3 adalah PT Dexa Medica melalui produk Oxyvit D3-nya yang mengandung formulasi softgel halal dalam bentuk minyak.

“Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan kapabilitas dan kapabilitas kami untuk menghasilkan produk yang berkualitas tinggi. Dengan komitmen kuat terhadap kualitas ini, kami ingin memenuhi permintaan masyarakat akan produk kesehatan, termasuk produk vitamin D3.” ujar V, V, President dari  PT Dexa Medica, V Herry Sutanto.

Leave a Comment